Jumat, 24 Juni 2011

KESALAHAN

Memang tidak ada orang yang sempurna. Memang tidak ada manusia yang anti kesalahan. Memang melakukan kekeliruan itu adalah hal yang wajar. Namun hendaklah hal-hal tersebut tidak menjadi alasan bagi kita untuk tidak bisa menghasilkan kualitas kerja yang terbaik. Pernahkah kita membayangkan seandainya kita memberikan cukup toleransi untuk kesalahan dalam pekerjaan kita? Bahkan kesalahan yang hanya 0,1% pun bisa berakibat fatal. Kalau tidak percaya periksalah fakta-fakta berikut ini.

John C. Maxwell mengungkapkan, “Jika 99,9 % sudah cukup bagus, maka akan ada 811.000 gulungan yang salah dari film 35 mm akan dimuat tahun ini. 22.000 cek akan diambil dari rekening bank yang salah dalam 60 menit berikut, dan 12 bayi akan diberikan kepada orang tua yang salah pada hari ini saja.”

Renungan pada hari ini bukan bermaksud menjadikan kita sebagai manusia super yang anti salah. Tulisan ini hanya ingin membangun mentalitas kita agar mengerjakan segala sesuatunya dengan lebih sempurna dan tidak memakai alasan human error terus menerus sebagai legalitas saat kita berbuat salah. Saya pernah salah. Bahkan jika Anda mengamati dengan sangat teliti, kadangkala Anda akan menemukan kesalahan dalam Renungan Harian Spirit Motivator ini. Namun kami bertekad agar jangan sampai kesalahan yang sama terulang kembali. Dengan prinsip seperti ini, pencapaian akan kualitas yang lebih sempurna bisa terus tercapai.

Kesalahan dapat dihindari dengan banyak menambah pengetahuan. Itulah yang dikatakan Salomo. Ia pun menyatakan bahwa kesalahan seringkali berpangkal pada sifat tergesa-gesa. Karenanya, jika Anda saat ini sedang dirundung kekecewaan atau terlibat dalam masalah akibat kesalahan yang Anda perbuat, mari gunakan kesempatan ini untuk mengevaluasi apakah hal itu terjadi karena kita sering tergesa-gesa, bertindak tanpa pertimbangan yang matang dan tanpa memohon hikmat Tuhan?

Kesalahan dihindari dengan menambah pengetahuan dan tidak tergesa-gesa dalam bertindak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar